Penghargaan Desa Wisata, Menyingkap Pesona Desa Indonesia Terindah


Penghargaan Desa Wisata, Menyingkap Pesona Desa Indonesia Terindah

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia kepada desa-desa wisata yang memiliki potensi dan daya tarik wisata yang luar biasa. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap pengembangan desa wisata di Indonesia.

ADWI memiliki beberapa kategori penilaian, antara lain:

  • Keberlanjutan lingkungan
  • Kebersihan dan kesehatan
  • Keselamatan dan keamanan
  • Keunikan dan daya tarik wisata
  • Partisipasi masyarakat

Melalui ADWI, pemerintah berharap dapat mendorong pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, ADWI juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengembangan sektor pariwisata.

Pada tahun 2023, ADWI memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-5. Terdapat 3.419 desa wisata yang mendaftar untuk mengikuti ajang ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 50 desa wisata terpilih sebagai desa wisata terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan ADWI 2023. Penganugerahan ADWI 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2023 di Jakarta.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia kepada desa-desa wisata yang memiliki potensi dan daya tarik wisata yang luar biasa. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap pengembangan desa wisata di Indonesia.

Beberapa aspek penting dari ADWI meliputi:

Pengembangan pariwisata yang berkelanjutanPeningkatan kesejahteraan masyarakat desaPelestarian budaya dan lingkunganInovasi dan kreativitasKerja sama dan kolaborasiPromosi dan pemasaranStandarisasi dan sertifikasiPengembangan kapasitasPenelitian dan pengembangan

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Melalui ADWI, pemerintah berharap dapat mendorong desa-desa wisata di Indonesia untuk terus berkembang dan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pengembangan Pariwisata yang Berkelanjutan

Pengembangan pariwisata yang berkelanjutan merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan pariwisata yang berkelanjutan sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan budaya desa wisata, serta memastikan bahwa manfaat pariwisata dapat dinikmati oleh masyarakat desa dalam jangka panjang.

Beberapa prinsip pariwisata berkelanjutan yang diterapkan dalam ADWI antara lain:

  • Penggunaan sumber daya alam secara bijaksana
  • Pelestarian budaya dan tradisi lokal
  • Pelibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata
  • Pemberian manfaat ekonomi kepada masyarakat desa
  • Pencegahan dampak negatif pariwisata terhadap lingkungan dan budaya

Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, desa wisata dapat berkembang tanpa merusak lingkungan dan budaya, serta memastikan bahwa masyarakat desa mendapatkan manfaat dari pariwisata. Hal ini pada akhirnya akan membuat desa wisata tersebut lebih menarik bagi wisatawan dan lebih berkelanjutan dalam jangka panjang.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Peningkatan kesejahteraan masyarakat desa merupakan salah satu tujuan utama dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan pariwisata memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

Secara ekonomi, pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi desa. Selain itu, pariwisata juga dapat meningkatkan akses masyarakat desa terhadap pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Secara sosial, pariwisata dapat memperkuat rasa kebersamaan dan gotong royong di masyarakat desa. Selain itu, pariwisata juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan budaya desa.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pariwisata, diperlukan pengembangan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini berarti pariwisata harus dikembangkan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan, seperti penggunaan sumber daya alam secara bijaksana, pelestarian budaya dan tradisi lokal, pelibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata, dan pemberian manfaat ekonomi kepada masyarakat desa.

Dengan mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, desa wisata dapat menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan membuat desa wisata tersebut lebih sejahtera dan berkelanjutan.

Pelestarian budaya dan lingkungan

Pelestarian budaya dan lingkungan merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan budaya dan lingkungan merupakan aset penting bagi desa wisata. Budaya memberikan identitas dan karakteristik unik pada sebuah desa wisata, sementara lingkungan yang bersih dan lestari menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Beberapa manfaat pelestarian budaya dan lingkungan dalam pengembangan desa wisata antara lain:

  • Meningkatkan daya tarik wisata desa
  • Menjaga identitas dan karakteristik unik desa
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya budaya dan lingkungan
  • Mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

Sebagai contoh, Desa Penglipuran di Bali merupakan salah satu desa wisata yang berhasil melestarikan budaya dan lingkungannya dengan baik. Desa ini memiliki tradisi dan arsitektur rumah adat yang unik, serta lingkungan yang bersih dan tertata rapi. Keberhasilan Desa Penglipuran dalam melestarikan budaya dan lingkungannya telah menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Penglipuran.

Kesimpulannya, pelestarian budaya dan lingkungan sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil melestarikan budaya dan lingkungannya akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Inovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan inovasi dan kreativitas sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Inovasi dapat diartikan sebagai pengembangan ide atau metode baru yang lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Inovasi dan kreativitas sangat penting untuk pengembangan desa wisata karena dapat:

  • Meningkatkan daya tarik wisata desa
  • Menciptakan pengalaman wisata yang unik dan berkesan
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat desa
  • Mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mengembangkan inovasi berupa paket wisata edukasi membatik. Paket wisata ini memberikan pengalaman baru dan berbeda bagi wisatawan, sehingga meningkatkan daya tarik wisata desa. Selain itu, paket wisata ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa, karena wisatawan akan membeli bahan dan peralatan membatik dari masyarakat setempat.

Kesimpulannya, inovasi dan kreativitas sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan inovasi dan kreativitas akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Kerja sama dan kolaborasi

Kerja sama dan kolaborasi merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan kerja sama dan kolaborasi sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Kerja sama dan kolaborasi dapat dilakukan antara berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, dan akademisi. Kerja sama dan kolaborasi ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti pengembangan produk wisata baru, promosi wisata, dan pelatihan sumber daya manusia.

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha. Kerja sama ini berhasil mengembangkan berbagai produk wisata baru, seperti paket wisata edukasi membatik dan paket wisata kuliner. Selain itu, kerja sama ini juga berhasil meningkatkan promosi wisata Desa Pentingsari, sehingga jumlah wisatawan yang berkunjung semakin meningkat.

Kesimpulannya, kerja sama dan kolaborasi sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan kerja sama dan kolaborasi akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Promosi dan pemasaran

Promosi dan pemasaran merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan promosi dan pemasaran sangat penting untuk meningkatkan daya tarik wisata desa dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Promosi dan pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti media sosial, website, brosur, dan iklan. Selain itu, promosi dan pemasaran juga dapat dilakukan melalui kerja sama dengan agen perjalanan dan tour operator. Desa wisata yang berhasil mengembangkan promosi dan pemasaran yang efektif akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi dan dapat menarik lebih banyak wisatawan.

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mengembangkan promosi dan pemasaran yang efektif melalui berbagai saluran. Desa ini memiliki website dan akun media sosial yang aktif, serta menjalin kerja sama dengan beberapa agen perjalanan dan tour operator. Berkat promosi dan pemasaran yang efektif, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Pentingsari terus meningkat.

Kesimpulannya, promosi dan pemasaran sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan promosi dan pemasaran yang efektif akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Standarisasi dan sertifikasi

Standarisasi dan sertifikasi merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan standarisasi dan sertifikasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik desa wisata.

Standarisasi adalah proses menetapkan standar atau norma yang harus dipenuhi oleh desa wisata. Standar-standar ini mencakup berbagai aspek, seperti kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan pelayanan. Sedangkan sertifikasi adalah proses pemberian pengakuan bahwa desa wisata telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. Sertifikasi dapat diberikan oleh pemerintah atau lembaga independen.

Manfaat standarisasi dan sertifikasi bagi desa wisata antara lain:

  • Meningkatkan kualitas dan daya tarik desa wisata
  • Meningkatkan kepercayaan wisatawan
  • Memudahkan promosi dan pemasaran desa wisata
  • Meningkatkan daya saing desa wisata
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sertifikasi ini diberikan karena Desa Pentingsari telah memenuhi standar yang ditetapkan, seperti kebersihan, keamanan, kenyamanan, dan pelayanan. Berkat sertifikasi ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Pentingsari terus meningkat.

Kesimpulannya, standarisasi dan sertifikasi sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan standarisasi dan sertifikasi yang baik akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Pengembangan kapasitas

Pengembangan kapasitas merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan pengembangan kapasitas sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan daya saing desa wisata.

Pengembangan kapasitas dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan, pendampingan, dan studi banding. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap masyarakat desa dalam mengembangkan dan mengelola desa wisata.

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mengembangkan kapasitas masyarakat desa melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan pengelolaan homestay, pelatihan kuliner, dan pelatihan pemasaran. Pendampingan yang diberikan meliputi pendampingan dalam pengembangan produk wisata, pengembangan kelembagaan, dan pengembangan tata kelola desa wisata.

Berkat pengembangan kapasitas yang baik, masyarakat Desa Pentingsari mampu mengembangkan dan mengelola desa wisata secara profesional. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas dan daya tarik desa wisata, sehingga jumlah wisatawan yang berkunjung semakin meningkat.

Kesimpulannya, pengembangan kapasitas sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan kapasitas masyarakat desa akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Penelitian dan pengembangan

Penelitian dan pengembangan merupakan salah satu aspek penting dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Hal ini dikarenakan penelitian dan pengembangan sangat penting untuk mendukung pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi potensi dan daya tarik desa wisata. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk mengembangkan produk wisata baru, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Sedangkan pengembangan dapat dilakukan untuk menciptakan inovasi baru dalam pengembangan dan pengelolaan desa wisata.

Sebagai contoh, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mengembangkan inovasi berupa paket wisata edukasi membatik. Inovasi ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh masyarakat desa. Penelitian tersebut mengidentifikasi bahwa membatik merupakan salah satu potensi wisata yang dapat dikembangkan di Desa Pentingsari. Berkat inovasi ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Pentingsari terus meningkat.

Kesimpulannya, penelitian dan pengembangan sangat penting untuk pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Desa wisata yang berhasil mengembangkan penelitian dan pengembangan akan memiliki daya tarik wisata yang lebih tinggi, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Seputar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

ADWI merupakan ajang penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada desa-desa wisata yang memiliki potensi dan daya tarik wisata yang luar biasa. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia.

Pertanyaan 1: Apa saja aspek yang dinilai dalam ADWI?

ADWI menilai beberapa aspek, antara lain: keberlanjutan lingkungan, kebersihan dan kesehatan, keselamatan dan keamanan, keunikan dan daya tarik wisata, partisipasi masyarakat, pengembangan ekonomi kreatif, inovasi, dan digitalisasi.

Pertanyaan 2: Apa manfaat mengikuti ADWI?

Manfaat mengikuti ADWI antara lain: mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari pemerintah, meningkatkan promosi dan pemasaran desa wisata, memperoleh pendampingan dan pelatihan dalam pengembangan desa wisata, serta peluang untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Pertanyaan 3: Siapa saja yang dapat mengikuti ADWI?

Semua desa wisata di Indonesia dapat mengikuti ADWI, baik yang dikelola oleh pemerintah desa maupun masyarakat.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mendaftar ADWI?

Pendaftaran ADWI dilakukan secara online melalui website resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pertanyaan 5: Apa saja kriteria desa wisata yang dapat mengikuti ADWI?

Desa wisata yang dapat mengikuti ADWI harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain: memiliki potensi dan daya tarik wisata yang unik, memiliki tata kelola yang baik, memiliki sumber daya manusia yang terlatih, serta memiliki komitmen terhadap pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

Pertanyaan 6: Apa saja tahapan penilaian ADWI?

Penilaian ADWI dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: seleksi administrasi, visitasi lapangan, dan penetapan pemenang.

ADWI berperan penting dalam mendorong pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia. Dengan mengikuti ADWI, desa-desa wisata dapat memperoleh pengakuan, promosi, dan pendampingan yang diperlukan untuk meningkatkan daya tarik dan daya saingnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ADWI, silakan kunjungi website resmi Kemenparekraf.

Tips Mengembangkan Desa Wisata yang Berkualitas

Untuk mengembangkan desa wisata yang berkualitas, diperlukan beberapa langkah strategis. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi panduan:

Tip 1: Identifikasi Potensi dan Daya Tarik Desa

Langkah pertama dalam mengembangkan desa wisata adalah mengidentifikasi potensi dan daya tarik yang dimiliki desa tersebut. Potensi dapat berupa keindahan alam, kekayaan budaya, atau keunikan tradisi masyarakat setempat. Daya tarik ini akan menjadi nilai jual utama desa wisata.

Tip 2: Kembangkan Tata Kelola yang Baik

Tata kelola yang baik sangat penting untuk keberhasilan pengembangan desa wisata. Hal ini meliputi pembentukan organisasi pengelola, penyusunan rencana pengembangan, dan penetapan standar operasional. Tata kelola yang baik akan memastikan pengelolaan desa wisata yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan.

Tip 3: Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang terlatih sangat dibutuhkan dalam pengembangan desa wisata. Pelatihan dapat diberikan dalam berbagai bidang, seperti pelayanan prima, pengelolaan homestay, dan pemasaran digital. Dengan sumber daya manusia yang terlatih, desa wisata dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan wisatawan.

Tip 4: Libatkan Masyarakat

Partisipasi masyarakat sangat penting dalam pengembangan desa wisata. Masyarakat harus dilibatkan dalam seluruh proses, mulai dari perencanaan hingga pengelolaan. Dengan melibatkan masyarakat, desa wisata dapat memastikan bahwa pengembangan wisata sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat setempat.

Tip 5: Kembangkan Produk Wisata yang Unik dan Inovatif

Produk wisata yang unik dan inovatif akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Desa wisata dapat mengembangkan produk wisata yang berbasis pada potensi dan daya tarik yang dimiliki, serta disesuaikan dengan tren pasar. Inovasi dapat dilakukan dalam bentuk pengembangan atraksi baru, penyediaan fasilitas yang lengkap, serta pemanfaatan teknologi.

Tip 6: Pasarkan Desa Wisata Secara Efektif

Pemasaran yang efektif sangat penting untuk menarik wisatawan ke desa wisata. Desa wisata dapat memanfaatkan berbagai saluran pemasaran, seperti media sosial, website, dan kerja sama dengan agen perjalanan. Pemasaran harus dilakukan secara kreatif dan inovatif agar dapat menjangkau target pasar yang tepat.

Tip 7: Dapatkan Sertifikasi dan Penghargaan

Sertifikasi dan penghargaan dari lembaga atau organisasi yang kredibel dapat meningkatkan kredibilitas dan daya tarik desa wisata. Desa wisata dapat mengikuti berbagai program sertifikasi dan penghargaan, seperti CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, desa wisata dapat mengembangkan potensi dan daya tariknya, meningkatkan kualitas pelayanan, dan menarik lebih banyak wisatawan. Pengembangan desa wisata yang berkualitas akan memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat setempat, serta berkontribusi pada pelestarian budaya dan lingkungan.

Kesimpulan

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merupakan bentuk apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap pengembangan desa wisata di Indonesia. ADWI diharapkan dapat mendorong pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat desa. Berbagai aspek penting yang menjadi fokus ADWI antara lain keberlanjutan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian budaya dan lingkungan, inovasi dan kreativitas, kerja sama dan kolaborasi, promosi dan pemasaran, standarisasi dan sertifikasi, pengembangan kapasitas, serta penelitian dan pengembangan.

Pengembangan desa wisata yang berkualitas membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang baik, serta keterlibatan aktif masyarakat. Desa wisata yang sukses dapat menjadi destinasi wisata yang menarik, sekaligus menjaga kelestarian budaya dan lingkungan lokal. ADWI diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pengembangan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Images References :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *